PRINT CARDS

Perbedaan Cutting Sticker dan Printcut Sticker

Dari masa ke masa proses pembuatan stiker mengalami kemajuan karena dahulu proses pembuatan stiker dilakukan secara manual. Saat ini, proses pembuatan stiker tidak serumit dahulu karena dikerjakan oleh mesin cutting sticker atau printcut sticker dan desainnya pun sangat beragam. Apakah kedua mesin ini sama? tentu saja tidak. Apa perbedaan cutting sticker dan printcut sticker, berikut informasi selengkapnya.

Perbedaan Cutting Sticker dan Printcut Sticker

Jenis cutting sticker terbagi menjadi 2 antara lain cutting sticker potong dan print to cut. Jika melihat sepintas, kedua jenis stiker seperti tidak ada bedanya. Namun, mesin cutting sticker dan printcut sticker berbeda, cara pengerjaan kedua mesin serta hasil produk pun berbeda.
Mesin cutting sticker merupakan mesin pemotong. Jika di printer terdapat bagian untuk catridge, pada mesin cutting sticker ada mata pisau yang berfungsi sebagai pemotong. Sementara dalam printcut sticker, terdapat mesin print-to-cut. Dalam mesin printcut tidak perlu mendesain stiker di media lain, namun langsung menjadi satu antara print desain dan pemotongan bagian sesuai desain. Untuk lebih jelas apa saja perbedaannya, simak informasi di bawah ini.

1. Warna

Perbedaan yang paling terlihat dari kedua tehnik ini adalah bagian pewarnaan. Warna untuk cutting sticker adalah blok dan tidak dapat dibuat gradasi. Hal ini dikarenakan dari awal cutting sticker menggunakan material yang telah berwarna dari supplier, jadi tidak bisa dibuat dari gelap ke terang. Berbeda dengan printcut, dari proses pencetakan hingga pemotongan dilakukan jadi satu sehingga dapat memvariasikan warna sesuai keinginan.

2. Desain

Dalam hal desain, diusahakan ketebalannya minimal 3 mm untuk cutting sticker. Hal ini dapat mempengaruhi lama proses pengerjaan dan angka kegagalan produk. Jika semakin kecil ukuran yang harus dipotong, proses pengerjaan cutting sticker pun semakin sulit. Printcut sticker tidak begitu detail dalam bagian ini, dikarenakan pengerjaannya tidak mencapai proses masking.

3. Tampilan Fisik

Perbedaan cutting sticker dan printcut sticker selanjutnya adalah tampilan fisik. Untuk cutting sticker menggunakan proses kiss cutting dimana setiap desain berasal dari berbagai warna. Ketika permukaan stiker cutting sticker Anda pegang, maka akan terasa terdapat tonjolan-tonjolan yang merupakan layer dari warna-warna tersebut. Sedangkan tampilan fisik printcut sticker seperti stiker biasa karena terbuat dari mesin printing.

4. Waktu Pengerjaan

Jumlah warna yang digunakan untuk cutting sticker akan mempengaruhi lama proses pengerjaan. Jika setiap cutting sticker terdiri dari 3 warna, maka waktu pengerjaan juga harus 3 kali. Sedangkan printcut sticker, waktu pengerjaan cenderung lebih cepat karena dilakukan oleh 1 mesin dan warna tidak ada pengaruhnya sama sekali.

5. Harga

Sebenarnya, harga stiker ditentukan oleh kerumitan desain, jumlah pesanan, dan lama waktu pengerjaan baik cutting sticker atau printcut sticker. Namun jumlah warna yang digunakan dalam cutting sticker, juga mempengaruhi harga. Jika dilihat berdasarkan hasil dan proses pengerjaan, harga cutting sticker akan jauh lebih mahal.
Akan tetapi, inti keduanya adalah sama yaitu sebuah produk stiker. Jika ada penggabungan antara cutting sticker dan printcut sticker, maka akan menjadi produk baru. Oleh karena itu, pastikan Anda mengerti dengan baik produk yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk memesan.

Apakah Anda sudah mengerti perbedaan cutting sticker dan printcut sticker? Apakah Anda sudah menentukan ingin menggunakan cutting sticker, printcut sticker, atau keduanya? Temukan penawaran terbaik cutting sticker dan printcut sticker pada kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
1
Selamat datang di sticker.co.id
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by
Brands
X